FUNGSI PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL KONTEMPORER
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
FUNGSI PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL KONTEMPORER
|
|
Creator |
Madekhan, Madekhan
|
|
Subject |
—
Fungsi pendidikan, sosial kontemporer |
|
Description |
Perubahan sosial di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, tercatat begitu dinamis, termasuk di dalamnya inovasi teknologi digital saat ini. Interelasi pendidikan dengan perubahan sosial dalam kajian berbasis kepustakaan ini dipusatkan pada empat sub kajian dimana ditemukan bahwa: 1) perubahan lingkungan menuntut adaptasi di internal masyarakat. Sementara pengaruh eksternal menyebabkan diterimanya nilai-nilai dan tata tata perilaku baru. 2). Fungsi pendidikan khususnya pada upaya membentuk perubahan sosial yang terpola atau direncanakan. Melalui pendidikan dirancang arah perubahan sosial atas dasar prediksi-prediksi ilmiah, sehingga akibatnya bisa diramalkan. 3) Implikasinya, pendidikan – melalui pendidiknya bisa menjadi alat kontrol sosial yang efektif dalam membentuk masyarakat baru. 4) terdapat prinsip – prinsip pengajaran baru yang wajib untuk diterapkan pendidik di era transformasi digital saat ini. Kata Kunci: Fungsi pendidikan, sosial kontemporer |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/252
10.30736/rf.v9i1.252 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 51-60
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 51-60 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/252/217
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|