Record Details

Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017
 
Creator Pujiati, Wiwik
 
Description Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media peta  konsep  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  VIII-B  SMP  Negeri  1 Ngimbang semester I tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka  tujuan  penelitian  tindakan  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penggunaan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1  Ngimbang  semester  I  tahun  pelajaran  2016-2017.  Sasaran  penelitian   ini  adalah semua  siswa  VIII  B  SMP  Negeri  1  Ngimbang  semester  I  tahun  pelajaran  2016-  2017 yang  berjumlah  34  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  penelitian  tindakan  (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan  dan  pengamatan,  refleksi,  dan  revisi.  Penelitian  ini  menghasilkan  simpulan bahwa  penggunaan  media  peta  konsep  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang semester I tahun pelajaran  2016-2017.Keywords: Metode Peta Konsep (Mind Map)
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2016-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/14
10.30736/rfma.v4i1.14
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 4, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 4, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v4i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/14/14
 
Rights ##submission.copyrightStatement##