UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA
|
|
Creator |
Madoearoemwat, Rr Herlien
|
|
Subject |
—
Mengaktifkan siswa; Pembelajaran IPS; Kritikus tayangan video. |
|
Description |
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui teknik ‘menjadi kritikus video’ pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 16 Surabaya. Salah satu materi yang sangat kompleks membutuhkan sikap cermat, aktif, kritis, dan kreatif agar dapatnya mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran adalah pembelajaran IPS, khususnya pada kompetensi dasar Perubahan Dinamika Penduduk dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan mengambil sample sebanyak 30 anak. Hasil dari pelaksanaan PTK diketahui bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu: melalui teknik ‘menjadi kritikus tayangan video’ mampu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran IPS dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/446
10.30736/rf.v10i1.446 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 11-19
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 11-19 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v10i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/446/335
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|