Record Details

UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MENJADI “KRITIKUS TAYANGAN VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURABAYA
 
Creator Madoearoemwat, Rr Herlien
 
Subject
Mengaktifkan siswa; Pembelajaran IPS; Kritikus tayangan video.
 
Description Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui teknik ‘menjadi kritikus video’ pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 16 Surabaya. Salah satu materi yang sangat kompleks membutuhkan sikap cermat, aktif, kritis, dan kreatif agar dapatnya mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran adalah pembelajaran IPS, khususnya pada kompetensi dasar Perubahan Dinamika Penduduk dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan mengambil sample sebanyak 30 anak. Hasil dari pelaksanaan PTK diketahui bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu: melalui teknik ‘menjadi kritikus tayangan video’ mampu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran IPS dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/446
10.30736/rf.v10i1.446
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 11-19
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 11-19
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v10i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/446/335
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0