PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA
|
|
Creator |
Rohman, M. Ghofar
Susilo, Purnomo Hadi |
|
Subject |
—
Guru, TIK, Media pembelajaran |
|
Description |
Dalam proses pembelajaran peran guru bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan diakhiri dengan mengevaluasi pada peserta didiknya. proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan dua hal yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membawa peran seorang guru untuk bisa lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Pemanfaatan TIK dalam media pembelajaran diharapkan memiliki kontribusi dan inovasi yang besar pada dunia pendidikan. Adanya TIK diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajarnya didalam kelas. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara mendalam (in deep-interview), pengamatan dan studi kepustakaan. Teknik cuplikannya menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah guru di TK Muslimat NU Maslakul Huda sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Guru berperan sangat besar dalam kelangsungan pembelajaran berbasis TIK. Peran guru ini didukung pula oleh adanya fasilitas penunjang sarana dan prasarana dengan memperbanyak media pembelajaran berbasis TIK di sekolah. Kata Kunci: Guru, TIK, Media pembelajaran |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/140
10.30736/rfma.v8i1.140 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 173-177
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 173-177 2621-4172 2503-1228 10.30736/rfma.v8i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/140/123
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|