Record Details

Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
 
Creator Hanifah, Ayu Ismi
 
Description Untuk mengembangkan cara berpikir dalam pembelajaran matematika perlu adanya pemberian masalah matematika. Adanya masalah matematika dapat menyelesaikan masalah karena dengan dengan penyelesaian masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika. Pemberian masalah matematika ini digunakan guna mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah dipelajari. Tidak memungkinkan adanya siswa mengalami kesalahan ketika menyelesaikan masalah bahkan ketika siswa memahami suatu konsep matematika. Salah satu cara yang mungkin untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu dengan memberikan scaffolding. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan scaffolding yang diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data tertulis, kata-kata, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu 1) Scaffolding dalam penyusunan model matematika dalam bentuk aljabar; 2) Scaffolding dalam membangun kembali konsep bangun datar, khususnya luas dan keliling persegi dan persegi panjang; 3) Scaffolding dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar; dan 4) Scaffolding dalam memanfaatkan teorema Pythagoras dalam menyelesaikan masalah matematika.Keywords: scaffolding, kesalahan, masalah matematika
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2017-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/29
10.30736/rfma.v6i2.29
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 6, No 2 (2017): JURNAL REFORMA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 6, No 2 (2017): JURNAL REFORMA
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v6i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/29/29
 
Rights ##submission.copyrightStatement##