Record Details

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI METODE “THINK-PAIR-SHARE” PADA SISWA SMK NEGERI 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI METODE “THINK-PAIR-SHARE” PADA SISWA SMK NEGERI 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO
 
Creator Shofi, Achmad Niam
 
Subject
Prestasi belajar, think pair share
 
Description Upaya peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dibutuhkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural “Think-pair-share” yang ditetapkan secara eksplisit dengan memberi siswa waktu lebih banyak berpikir, menjawab, dan membantu satu sama lain. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning dengan pendekatan struktural “Think-Pair-Share” terhadap peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TKDO) pada Kompetensi Dasar (KD) memahami dan membaca alat ukur listrik sesuai SOP siswa Kelas X-TKR2 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan pada hasil belajar (prestasi) dari Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu dari siklus I : 71,88 (ketuntasan 56,25%) meningkat menjadi 81,41 (ketuntasan 93,75%), maka dapat disimpulkan ada peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran TKDO pada KD memahami dan membaca alat ukur listrik sesuai SOP siswa Kelas X-TKR2 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro.


Kata kunci: Prestasi belajar, think pair share
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/249
10.30736/rf.v9i1.249
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 32-39
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 32-39
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/249/214
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0