Record Details

DEFRAGMENTING PERAJUTAN SKEMA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DEFRAGMENTING PERAJUTAN SKEMA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR
 
Creator Hanifah, Ayu Ismi
 
Subject
defragmenting, perajutan skema, masalah aljabar
 
Description Aljabar merupakan salah satu bahan kajian yang ada pada pembelajaran matematika. Dalam kenyataannya, aljabar masih dianggap sulit oleh individu khususnya pada siswa yang telah menempuh bahkan masih menempuh kajian ini. Untuk mengatasi kesalahan yang terjadi, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan defragmenting. Untuk itu, guru perlu mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar dan upaya mengatasinya melalui defragmenting. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan defragmenting perajutan skema siswa ketika adanya kesalahan konstruksi dalam menyelesaikan masalah aljabar. Jenis penelitian ini termasuk dalam studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada satu subjek siswa yang mengalami kesalahan konstruksi ketika menyelesaikan masalah yang diberikan. Selain itu, subjek juga belum memunculkan dan merajut skema yang seharusnya ada ketika menyelesaikan masalah tersebut. Sumber data dalam penelitian ini berupa datatertulis, kata-kata, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa subjek mengalami kesalahan lubang konstruksi dan harus merajut beberapa skema, diantaranya yaitu 1) Skema penentuan variabel dari informasi yang diketahui, 2) Skema persamaan linear dua variabel, 3) Skema sistem persamaan linear dua variabel, 4) Skema substitusi persamaan linear dua variabel, dan 5) Skema operasi aljabar dua variabel.

Kata Kunci: defragmenting, perajutan skema, masalah aljabar
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-07-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/196
10.30736/rf.v7i1.196
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 12-18
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 12-18
2621-4172
2503-1228
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/196/163
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0