IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA
|
|
Creator |
Kusumastita, Imelda Indah
|
|
Subject |
Pendidikan
Pendidikan, Tenaga Pendidik, Ki Hajar Dewantara |
|
Description |
Pendidikan merupakan proses yang dilalui sebagai bentuk peningkatan kualitas manusia. Dalam suatu negara peningkatan mutu pendidikan sangat penting. Jika mutu pendidikan suatu negara semakin berkembang maka kualitas manusia juga akan meningkat. Dalam proses mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan seorang pembimbing yang disebut sebagai guru atau tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam proses kemajuan mutu pendidikan. Seorang tenaga pendidik harus memiliki banyak kemampuan, selain itu tenaga pendidik juga harus memiliki sikap tauladan yang baik untuk peserta didiknya (Leonard, 2015). Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara merupakan sebuah semboyan pendidikan yang dicetuskan oleh beliau. Semboyan ini tidak hanya berupa semboyan, tetapi memiliki makna yang begitu mendalam terutama bagi pendidikan di Indonesia. Dengan adanya penerapan trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk tenaga pendidik ini diharapkan kualitas pendidik di Indonesia semakin baik, sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga lebih meningkat di setiap tahunnya.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/318
10.30736/rf.v9i2.318 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 104 - 113
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 104 - 113 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/318/258
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|