Record Details

IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA
 
Creator Kusumastita, Imelda Indah
 
Subject Pendidikan
Pendidikan, Tenaga Pendidik, Ki Hajar Dewantara
 
Description Pendidikan merupakan proses yang dilalui sebagai bentuk peningkatan kualitas manusia. Dalam suatu negara peningkatan mutu pendidikan sangat penting. Jika mutu pendidikan suatu negara semakin berkembang maka kualitas manusia juga akan meningkat. Dalam proses mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan seorang pembimbing yang disebut sebagai guru atau tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam proses kemajuan mutu pendidikan. Seorang tenaga pendidik harus memiliki banyak kemampuan, selain itu tenaga pendidik juga harus memiliki sikap tauladan yang baik untuk peserta didiknya (Leonard, 2015). Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara merupakan sebuah semboyan pendidikan yang dicetuskan oleh beliau. Semboyan ini tidak hanya berupa semboyan, tetapi memiliki makna yang begitu mendalam terutama bagi pendidikan di Indonesia. Dengan adanya penerapan trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk tenaga pendidik ini diharapkan kualitas pendidik di Indonesia semakin baik, sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga lebih meningkat di setiap tahunnya. 
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/318
10.30736/rf.v9i2.318
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 104 - 113
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 104 - 113
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/318/258
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0