Record Details

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PENINGKATAN PRESTASI PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV
 
Creator Ilham, Ilham
 
Subject
Pelajaran IPS, Group Investigation
 
Description Pembelajaran pada era sekarang diharapkan dapat menghadirkan suasana baru bagi siswa-siswinya, oleh karena itu pembelajaran yang diberikan pada saat PBM berlangsung harus bisa memberikan suasana yang bisa membuat siswa-siswinya lebih termotivasi untuk belajar. Pengguinaan model pembelajaran Group Investigation ( melalui metode diskusi dan kerja kelompok ) ternyata memberikan pilihan terbaik, karena siswa lebih termotivasi,antusia dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Suasana pembelajaran lebih hidup karena siswa dapat berdiskusi memecahkan permsalahan yang diberikan oleh guru dan mengerjakan tugas dari guru secara kelompok. Pada penelitian ini subyeknya adalah siswa kelas IV SDN Siwalarejo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan sebanyak 17 siswa. Dengan menggunakan Tehnik Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Dari siklus I ke siklus II ternyata ada pengaruh yang signifikan. Pada Siklus I ketercapaian prosentase ketuntasan adalah 47% sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan maksimal yaitu 100%. Sedangkan nilai rata-rata ulangan pada siklus I adalah 61 dan pada siklus II naik menjadi 80. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan metode diskusi dan kerja kelompok dalam meningkatkan prestasi siswa.

Kata Kunci : Pelajaran IPS, Group Investigation
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/110
10.30736/rfma.v8i1.110
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 147-154
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 147-154
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v8i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/110/107
 
Rights ##submission.copyrightStatement##