Record Details

OPTIMALISASI KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM PENGOLAHAN SATUAN UNIT PENDIDIKAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title OPTIMALISASI KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM PENGOLAHAN SATUAN UNIT PENDIDIKAN
 
Creator Fathurrahman, Fathurrahman
 
Subject
Kinerja komite sekolah, pengolahan pendidikan
 
Description Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan luar sekolah. Pembahasan yang berkaitan dengan peran dan fungsi komite sekolah telah banyak dilakukan. Kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam ikut serta mengelola pendidikan juga semakin meningkat. Artikel ini mengkaji secara konseptual tentang optimalisasi kinerja, posisi kelembagaan, peran, fungsi, sumberdaya, dan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah yang berhubungan dengan bagaimana satuan unit pendidikan di kelola. Kinerja komite sekolah dalam pengelolaan sekolah dalam dilihat melalui tiga komponen antara lain; penguatan kelembagaan komite sekolah, peningkatan kemampuan organisasional pengurus komite sekolah, dan peningkatan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah. Berikut tantangan Komite sekolah untuk senantiasa adaptif terhadap perubahan dan perkembangan dunia pendidikan.


Kata Kunci: Kinerja komite sekolah, pengolahan pendidikan
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/251
10.30736/rf.v9i1.251
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 40-50
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 40-50
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/251/216
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0