Record Details

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD KYAI HASYIM SURABAYA
 
Creator Masruri, Mukhammad
Taufiq, Mohammad
Hidayat, Muhammad Thamrin
Ghufron, Syamsul
 
Subject
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menguji ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kyai Hasyim Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2018. Teknk pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket dan tes yag berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Kyai Hasyim Surabaya setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan tersebut disebabkan karena penyajian dalam materi rantai makanan menarik. Jumlah skor dari posttest yakni 3478 dengan rata-rata 86,95, sehingga presentase rata-rata tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD KYai Hasyim Surabaya yakni terdapat perubahan kenaikan skor sebanyak 780 poin sedangkan presentase rata-rata naik sebanyak 19,50, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan post test dan terdapat adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/219
10.30736/rf.v8i2.219
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 247-255
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 247-255
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v8i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/219/205
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0