Record Details

TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN
 
Creator Fadli, Rizky Very
 
Subject Pendidikan
Humanisme, Paulo Freire, Pendidikan
 
Description Pendidikan humanis adalah suatu proses pendidikan yang menganut alirat filsafat humanisme,  dimana proses pendidikan menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari dengan persamaan kedudukan manusia, Paulo freire merupakan tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikan dalam filsafat pendidikan humanisme, yaitu pendidikan yang membebaskan. Paulo Freire berperan dalam dinamika perkembangan pendidikan di Brazil. Latar belakang pemikirannya terbentuk atas realita ketimpangan pendidikan yang ada di daerahnya. Artikel ini berisikan tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang beraliran filsafat humanisme. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan pendidikan aliran filsafat humanisme dalam pemikiran Paulo Freire. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam pembahasan.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/317
10.30736/rf.v9i2.317
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 96 - 103
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 96 - 103
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/317/257
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0