TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN
|
|
Creator |
Fadli, Rizky Very
|
|
Subject |
Pendidikan
Humanisme, Paulo Freire, Pendidikan |
|
Description |
Pendidikan humanis adalah suatu proses pendidikan yang menganut alirat filsafat humanisme, dimana proses pendidikan menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari dengan persamaan kedudukan manusia, Paulo freire merupakan tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikan dalam filsafat pendidikan humanisme, yaitu pendidikan yang membebaskan. Paulo Freire berperan dalam dinamika perkembangan pendidikan di Brazil. Latar belakang pemikirannya terbentuk atas realita ketimpangan pendidikan yang ada di daerahnya. Artikel ini berisikan tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang beraliran filsafat humanisme. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan pendidikan aliran filsafat humanisme dalam pemikiran Paulo Freire. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam pembahasan.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/317
10.30736/rf.v9i2.317 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 96 - 103
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 96 - 103 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/317/257
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|