IMPLEMENTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
|
|
Creator |
Fathurrahman, Fathurrahman
Farih, Abdullah |
|
Subject |
—
Implementasi PPL, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
|
Description |
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dirancang untuk mahasiswa semester akhirsebagaiwadah pelatihan para calon guru agar memiliki kecakapan keguruan secara lengkap dan terintegrasi. Program ini meliputi pelatihan praktek mengajar secara langsung dan latihan melaksanakan tugas serta layanan kependidikan lainnya. Pelaksanaannya dilakukan sesudah mahasiswa memperoleh bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru, berupa matakuliah yang menjadi prasyarat bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti program ini. Fokus kajian ini adalah upaya mendeskripsikan Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagimahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Lamongan yang dilaksanakan oleh tujuh mahasiswa yang tergabung dalam kelompok mahasiswa di SMK Negeri 1 Lamongan tahunak ademik 2018-2019 dari keseluruhan tujuh unit SMA/SMK Mitra kerja dan sebanyak 51 mahasiswa. Data diperoleh melalui kegiatan observasi berperan serta, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya di analisa dengan menerapkan proses pengumpulan, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa di SMK Negeri 1 Lamongan sebagai upaya penguatan calon guru menjadi pendidik profesional dapat terlaksana dengan memuaskan, mulai dari tahap persiapan, pembekalan, pembuatan program kerja yang meliputi: perangkat pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ektra kurikuler, pembelajaran pada bidang layanan khusus dan penilaian yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Kata kunci: Implementasi PPL, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-01-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/80
10.30736/rfma.v7i2.80 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 77-85
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 77-85 2621-4172 2503-1228 10.30736/rfma.v7i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/80/78
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|