Record Details

EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN
 
Creator Muiz, Abdul
Fathurrahman, Fathurrahman
 
Subject
Evaluasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menemukan bentuk prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatul Muta’allimin Datinawong Babat Lamongan; (2) mendeskripsikan faktor -faktor yang mempengaruhi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama Islam; (3) menjelaskan cara yang tepat untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip belajar Utsman Najati. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model normatif-evaluatif. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) implementasi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam bentuk motivasi, pengulangan belajar, partisipasi aktif, perhatian, pembagian belajar, dan perubahan perilaku secara bertahap. (2) faktor yang mempengaruhi; (a) faktor pendukung, yaitu: integrasi program kepondokan dengan madrasah, keseragaman gender, ketersedian sarana prasarana memadai, aturan yang jelas, keteladanan yang ditampilkan guru, dan kemampuan guru menggunakan berbagai metode pembelajaran; (b) faktor penghambat, yaitu: kegiatan madrasah terlalu padat, kemampuan murid beragam, buku referensi belum lengkap, alat peraga pembelajaran belum lengkap, kemampuan guru dalam mengajar belum merata, indisipliner, dan ada pihak-pihak yang belum terampil memberikan keteladanan. (3) Implementasi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam pembelajaran PAI adalah: (a) merencanakan kurikulum pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik kedalam Rencana Program Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP), ( b) memadukan kurikulum PAI madrasah dengan kurikulum kepondokan, (c) melakukan pengawasan berjenjang, (d) mengevaluasi pelaksanaan kurikulum pembelajaran PAI secara berkelanjutan, (e) merekonstruksi kurikulum pembelajaran PAI dengan mengacu kepada hasil evaluasi kurikulum.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/454
10.30736/rf.v10i1.454
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 32-39
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 32-39
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v10i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/454/339
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0