PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII MTs NAHDLATUN NASYIIN KADUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII MTs NAHDLATUN NASYIIN KADUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Kusyairi, Kusyairi
|
|
Subject |
—
Kata kunci: Metode NHT, ketrampilan berbicara |
|
Description |
Penggunaan metode NHT dalam pembelajaran keterampilan berbicara diharapkan mampu membawa siswa ke dalam situasi dan konteks berbahasa yang sesungguhnya sehingga keterampilan berbicara mampu melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional, kognitif, emosional, dan afektif. Yang tidak kalah penting, para siswa juga akan mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, mampu menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, serta mampu memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nahdlatun Nasyiin Kadur dengan target pada siklus I dan siklus II adalah dengan nilai rata-rata 70. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan berbicara dengan menggunakan metode NHT. Teknik nontes dalam penelitian ini berupa hasil observasi, angket, dokumentasi foto pada siswa kelas VII MTs Nahdlatun Nasyiin Kadur. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis, maka peneliti menyimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas dalam persen pada saat siklus I adalah 64,88% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan pembelajaran berbicara menggunakan pembelajaran kooperatif metode NHT siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,00% dengan kategori baik. Bila diselisihkan, nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 17,05% dan dapat diketegorikan peningkatan yang baik. Kata kunci: Metode NHT, ketrampilan berbicara |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/245
10.30736/rf.v9i1.245 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 1-11
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 1-11 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/245/210
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|