Record Details

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY INQUIRY TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 18 SURABAYA

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY INQUIRY TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 18 SURABAYA
 
Creator Sulistiono, Eko
Faridah, Fita
 
Subject
Perangkat pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar
 
Description Pengalaman sain sebagai inkuiri, siswa belajar bagaimana menjadi ilmuwan. Siswa belajar lebih dari sekedar suatu body of consepts and fact, mereka belajar proses-proses yang terlibat dalam penemuan konsep-konsep dan fakta-fakta. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 18 Surabaya selama tiga (4) kali pertemuan di kelas X-5 semester genap. Pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke tiga digunakan sebagai pembelajaran sedangkan petemuan ke empat digunakan untuk pelaksanaan ulangan harian. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model discovery inquiry. Hasil rekapitulasi pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada model pengajaran discovery inquiry menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat berada dalam kategori baik, hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diberikan sesuai dengan perangkat yang dibua. Berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada siswa diperoleh bahwa ketuntasan belajar secara klasikal dapat tercapai dengan baik meskipun terdapat beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar.

Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-07-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/197
10.30736/rf.v7i1.197
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 19-24
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 19-24
2621-4172
2503-1228
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/197/164
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0