PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SUKORAME LAMONGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SUKORAME LAMONGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Sulkan, Sulkan
|
|
Subject |
—
Metode Demonstrasi, Microsoft Office Power Point, Media Pembelajaran |
|
Description |
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 1 Sukorame Lamongan dinilai masih belum memanfaatkan teknologi yang disediakan sekolah untuk menunjang pendidikan, terutama dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini disebabkan para guru mata pelajaran masih belum mengerti seluk beluk media pembelajaran yang akan dimanfaatkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Sukorame Lamongan diperlukan sebuah pelatihan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru di SMPN 1 Sukorame Lamongan khususnya dalam aspek pengajaran. Penerapan metode Demonstrasi dimulai dengan peneliti menjelaskan materi menggunakan media Microsoft Office Power Point sebagai media demonstrasi dan memperagakannya. Kemudian, peserta membentuk kelompok untuk berdiskusi mengerjakan tugas. Setelah tugas selesai, kelompok mendemonstrasikan tugas yang telah diberikan. Keberhasilan peningkatan kemampuan peserta penelitian pada penelitian ini adalah seluruhpeserta mendapatkan nilai tugas membuat slide presentasi dengan 75% peserta pelatihan tuntas KKM dengan nilai Baik atau Sangat Baik. Pada siklus I terdapat 50% peserta yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II 100 % atau seluruh peserta sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian, metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan Microsoft Office Power Point sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Sukorame Lamongan tahun pelajaran 2019/2020.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/322
10.30736/rf.v9i2.322 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 66 - 75
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 66 - 75 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/322/262
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|