MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DI MAN ACEH JAYA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DI MAN ACEH JAYA
|
|
Creator |
Kristanti, Dian
|
|
Subject |
—
Quantum Learning, prestasi belajar, matematika |
|
Description |
Rendahnya prestasi belajar dalam mencapai tujuan pendidikan mendorong penulis melakukan penelitian tentang penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di MAN Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi matematika yang dicapai siswa setelah menyelesaikan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning dan mendeskripsikan interaksi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 MAN Aceh Jaya tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika kelas X-1 pada materi logika matematika melalui penerapan model quantum learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan yaitu lembar: tes, observasi, wawancara dan angket. Keempat instrumen ini telah divalidasi oleh validator yaitu dosen Matematika dan guru di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan: (1) Pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi logika matematika di MAN Aceh Jaya. Karena model ini mendorong minat dan keaktifan belajar siswa. Sebelum model ini diterapkan rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 65 di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Setelah model ini diterapkan, prestasi belajar siswa meningkat. Dengan menggunakan instrumen tes, pada siklus I rata-rata nilai ketuntasan individual siswa 30 % dan siklus II mencapai 86,6 %. 2) Dengan menerapakan model ini, interaksi siswa semakin aktif melakukan KBM. Hal ini terlihat dari prestasi serta minat belajar siswa yang terus meningkat.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/295
10.30736/rf.v7i1.295 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 56-67
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 56-67 2621-4172 2503-1228 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/295/255
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|