PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Nurhayati, Umi
|
|
Subject |
Pendidikan
Metode Pembelajaran Kooperatif, Model Team Assisted Individualization |
|
Description |
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang di Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. (b) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,59%), siklus II (77,27%), siklus III (93,31%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajarsiswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/321
10.30736/rf.v9i2.321 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 76 - 86
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 76 - 86 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/321/261
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|