Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGUCAPKAN SUKU KATA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGUCAPKAN SUKU KATA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL
 
Creator Sunarwati, Sunarwati
 
Subject
Teori Kemampuan Membaca, Strategi Pembelajaran Kontekstua
 
Description Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan upaya untuk mengetahui dan meningkatkan perkembangan pendidikan taman kanak kanak, maka salah satu bidang pengetahuan terapan yang diharapkan semakin memberi sumbangan bagi perkembangan pendidikan di tanah air ialah bidang teknologi pendidikan. Kemampuan untuk memanfaat teknologi modern dalam upaya pengembangan pendidikan tertentu saja sangat tergantung pada jumlah dan kemampuan para ahli dalam bidang teknologi pendidikan. Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran / media dan penerima pesan adalah komponen – komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum. Sumber pesannya bisa guru, anak , orang lain, ataupun penulis buku dan produser media. Salurannya ialah media pendidikan dan penerima pesannya ialah para anak atau peserta didik atau juga guru. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi kontekstual dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengucapkan suku kata. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengucapkan suku kata dengan mencapai standar ideal 67.92 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 71.83 % pada siklus II, dan siklus ke III 78.33 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan strategi kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengucapkan suku kata di TK Bunga Harapan Kec. Babat dengan ketuntasan mencapai 91.67 %.

Kata Kunci: Teori Kemampuan Membaca, Strategi Pembelajaran Kontekstual
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-01-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/82
10.30736/rfma.v7i2.82
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 86-94
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 86-94
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v7i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/82/80
 
Rights ##submission.copyrightStatement##