PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO
|
|
Creator |
Mahin, Mahin
|
|
Subject |
—
Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STAD |
|
Description |
Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan , bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan harus sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? (2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. (2) Ingin mengetahui pengaruh pembelajarankooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi .Instrumen peneletian yang digunakan adalah angket siswa, RPP, hasil tes , lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (33%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STAD |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/107
10.30736/rfma.v8i1.107 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 127-133
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 127-133 2621-4172 2503-1228 10.30736/rfma.v8i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/107/104
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|