Record Details

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO
 
Creator Mahin, Mahin
 
Subject
Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STAD
 
Description Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan , bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan harus sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? (2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. (2) Ingin mengetahui pengaruh pembelajarankooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi .Instrumen peneletian yang digunakan adalah angket siswa, RPP, hasil tes , lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (33%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STAD
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/107
10.30736/rfma.v8i1.107
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 127-133
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 127-133
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v8i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/107/104
 
Rights ##submission.copyrightStatement##