PENDEKATAN SOCIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MANTAN PEMABUK DI PONDOK PESANTREN GELAR SEPAPAN TUBAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDEKATAN SOCIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MANTAN PEMABUK DI PONDOK PESANTREN GELAR SEPAPAN TUBAN
|
|
Creator |
Maftuhin, Moh
Ali, Madekhan |
|
Subject |
—
Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Social Learning, Pondok Pesantren |
|
Description |
Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana peran Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban dalam memberikan pendidikan agama Islam yang dilakukan untuk menyadarkan dan meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan minuman keras. Penelitian ini mengungkapkan bahwa interaksi intensif dengan kultur pendidikan pesantren, mampu untuk memberikan penguatan spiritual melalui pembimbingan, pembinaan, dan pengawasan pembelajaran agama Islam. Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban sebagai salah satu pesantren dengan sebagian santrinya berasal dari kalangan anak jalanan melakukan pendekatan social learning. Implikasi teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Agama Islam dengan pendekatan social learning di Pesantren dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyimpangan perilaku remaja
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/448
10.30736/rf.v10i1.448 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 25-32
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 10, No 1 (2021); 25-32 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v10i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/448/336
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|