UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT KOLIGATIF MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DIKELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT KOLIGATIF MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DIKELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
|
|
Creator |
Asnam, Asnam
|
|
Subject |
—
Pembelajaran kooperatif, Penilaian portofolio |
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi peneliti sebagai guru Kimia, penilaian portofolio yang dapat melengkapi dan memberikan informasi yang lebih kepada orang tua tentang hasil belajar peserta didik belum diterapkan oleh guru khususnya di kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan yang telah menggunakan Kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan seluruh siswa belum mengenal penilaian portofolio sebagai salah satu bentuk penilaian autentik.Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan penilaian portofolio, 2) untuk mengetahui nilai portofolio siswa pada pokok bahasan Sifat Koligatif dan, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan portofolio pada pokok bahasan Sifat Koligatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 4 tahap antara lain, (i) rencana kegiatan, (ii) kegiatan dan pengamatan, (iii) refleksi dan, (iv) revisi. Penelitian ini berlangsung sebanyak 3 putaran. Sasaran penelitian adalah penerapan penilaian portofolio pada pokok bahasan Sifat Koligatif dan sebagai sumber data adalah siswa kelas XII MIA-3 yang berjumlah 30 siswa, pengamat, dan guru. Hasil dari penelitian adalah 1) pengelolaan pembelajaran meningkat, pada putaran 1: 4,05 pada putaran 2: 4,12 dan putaran 3: 4,20 yang secara keseluruhan menunjukkan kategori baik. 2) rata-rata nilai portofolio yang meliputi aspek presentasi portofolio, kelengkapan isi dan ketercapaian indikator pembelajaran oleh siswa sebesar 81,70 dan oleh guru sebesar 75,89. Ketuntasan belajar mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 83,78%. 3) respon siswa cukup kuat terhadap penerapan penilaian portofolio. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, Penilaian portofolio |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/213
10.30736/rf.v8i2.213 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 194-203
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 194-203 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v8i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/213/199
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|