MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
|
|
Creator |
Anjarsari, Elly
|
|
Subject |
—
Kemampuan Spasial, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika |
|
Description |
Kajian ini dibuat dengan tujuan mengetahui bagaimana pendekatan saintifik diaplikasikan dalam pembelajaran matematika pada proses mengembangkan kemampuan spasial. Pada pendekatan ini siswa diberi kebebasan untuk merencanakan aktivitas belajar dan mencari berbagai sumber belajar yang dapat diperoleh diluar kelas. Dalam pendekatan saintifik yang terdapat pada kurikulum 2013 mencakup beberapa aktivitas belajar, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Diharapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik para peserta didik mampu menghasilkan ide kreatif dan inovatif, terutama dalam membantu mengembangkan kemampuan spasial mereka. Hasil kajian menunjukkan pendekatan saintifik dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan spasial dan memberi rangsangan kreativitas dan kemandirian siswa dalam menentukan suatu pengetahuan yang baru. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-01-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/77
10.30736/rfma.v7i2.77 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 55-61
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 2 (2018); 55-61 2621-4172 2503-1228 10.30736/rfma.v7i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/77/75
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|