Record Details

LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN
 
Creator Hardanti, Bethari Widiya
 
Subject
Filsafat, Esensialisme, Pendidikan
 
Description Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki adanya sebab dan akibatdari segala sesuatu. Filsafat modern banyak dikenal dengan sebutan filsafatpendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa aliran yang salah satunya yaitualiran filsafat pendidikan esensialisme. Esensialisme merupakan aliran yangberakar pada suatu pembelajaran mata pelajaran yang bersifat dasar. Esensinyamenunjuk pada sesuatu yang perlu tentang suatu objek, disiplin, subjek dan suatucontoh. Aliran filsafat esensialisme menekankan pada kebudayaan, keterampilan,dan pengetahuan serta memperkuat nilai kedisiplinan sehingga dalam praktiknyapada pendidikan aliran ini menegaskan bahwa sekolah-sekolah harus tetapmempertahankan metode-metode pembelajaran yang tradisional. Pembelajaranmenggunakan metode teacher centeered dimana dalam proses belajar mengajarguru berperan sebagai mediator yang mentranfer ilmu pengetahuan kepada pesertadidik, sedangkan peserta didik hanya memiliki tugas belajar dan tidak dianjurkanmengatur dan mengelola kelas sehingga para peserta didik menjadi pasif.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/320
10.30736/rf.v9i2.320
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 87 - 95
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 87 - 95
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/320/260
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0