LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN
|
|
Creator |
Hardanti, Bethari Widiya
|
|
Subject |
—
Filsafat, Esensialisme, Pendidikan |
|
Description |
Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki adanya sebab dan akibatdari segala sesuatu. Filsafat modern banyak dikenal dengan sebutan filsafatpendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa aliran yang salah satunya yaitualiran filsafat pendidikan esensialisme. Esensialisme merupakan aliran yangberakar pada suatu pembelajaran mata pelajaran yang bersifat dasar. Esensinyamenunjuk pada sesuatu yang perlu tentang suatu objek, disiplin, subjek dan suatucontoh. Aliran filsafat esensialisme menekankan pada kebudayaan, keterampilan,dan pengetahuan serta memperkuat nilai kedisiplinan sehingga dalam praktiknyapada pendidikan aliran ini menegaskan bahwa sekolah-sekolah harus tetapmempertahankan metode-metode pembelajaran yang tradisional. Pembelajaranmenggunakan metode teacher centeered dimana dalam proses belajar mengajarguru berperan sebagai mediator yang mentranfer ilmu pengetahuan kepada pesertadidik, sedangkan peserta didik hanya memiliki tugas belajar dan tidak dianjurkanmengatur dan mengelola kelas sehingga para peserta didik menjadi pasif.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/320
10.30736/rf.v9i2.320 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 87 - 95
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 2 (2020); 87 - 95 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v9i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/320/260
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|