UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “TRAVELLING” DI KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “TRAVELLING” DI KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
|
|
Creator |
Triono, Muslim
|
|
Subject |
—
Motivasi Belajar, Media Gambar |
|
Description |
Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” sebagian siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan merasa kesulitan dan sangat membutuhkan media yang cocok karena dalam tema tersebut salah satunya mempelajari bagaimana mendiskripsikan tempat, dalam hal ini objek wisata. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari tema “Traveling” sangat dibutuhkan sekali media yang sangat menarik, yaitu media gambar. Sehingga proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) bagaimana media gambar dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema “Traveling” pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-3 semester genap SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini terbatas pada tema ‘Travelling’. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa.Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan tema ”Traveling”, kesiapan belajar, pemahaman dan prestasi belajar siswa di kelas XII MIA-3 SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, (2) Semangat, antusias, keceriaan dan kreativitas dalam bentuk keaktifan siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan, (3) Kemampuan siswa dalam mengungkapkan makna serta mendiskripsikan gambar mengalami peningkatan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Media Gambar |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/217
10.30736/rf.v8i2.217 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 229-236
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 229-236 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v8i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/217/203
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|