TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA
|
|
Creator |
Madekhan, Madekhan
|
|
Description |
Kajian ini berupaya menggambarkan bagaimana pesantren saat ini dituntut untuk melakukan pembaruan perannya di masyarakat. Melalui studi kepustakaan, dihasilkan sejumlah kerangka konseptual terkait peran pesantren yang sesuai kondisi kekinian di Indonesia. Melalui model analisis pembelajaran yang selama ini diterapkan di pesantren, ditemukan bahwa pesantren semakin banyak mengadopsi pola dan muatan pembelajaran lembaga-lembaga pendidikan di luarnya. Hal ini terjadi didorong oleh upaya Pesantren untuk lebih berperan menyiapkan alumninya mampu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari gerakan pembaruan peran, muncul tiga model peran, yaitu Model 1, lembaga pendidikan, dimana selain berperan sebagai lembaga pendidikan Islam, pengembangan keilmuan, dan kepelatihan life skill santri. Model 2, Pesantren Sebagai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Model 3, pesantren sebagai sentra pendidikan kewirausahaan.Keywords: Model Peran, Pesantren
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-05-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/6
10.30736/rfma.v2i1.6 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 1 (2016): JURNAL REFORMA 2621-4172 2503-1228 10.30736/rfma.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/6/6
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|