Record Details

TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA
 
Creator Madekhan, Madekhan
 
Description Kajian ini berupaya menggambarkan bagaimana pesantren saat ini dituntut untuk melakukan pembaruan   perannya   di   masyarakat.   Melalui   studi   kepustakaan,   dihasilkan   sejumlah kerangka  konseptual  terkait  peran  pesantren yang  sesuai  kondisi  kekinian  di  Indonesia. Melalui  model  analisis  pembelajaran  yang  selama  ini  diterapkan di pesantren, ditemukan bahwa pesantren semakin banyak mengadopsi pola dan muatan pembelajaran lembaga-lembaga pendidikan di luarnya. Hal ini terjadi didorong oleh upaya Pesantren untuk lebih berperan menyiapkan alumninya mampu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari gerakan pembaruan peran, muncul tiga model peran, yaitu Model 1, lembaga pendidikan, dimana selain berperan sebagai lembaga pendidikan Islam, pengembangan keilmuan, dan kepelatihan life skill santri. Model 2, Pesantren Sebagai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Model 3, pesantren sebagai sentra pendidikan kewirausahaan.Keywords: Model Peran, Pesantren
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2016-05-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/6
10.30736/rfma.v2i1.6
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 1 (2016): JURNAL REFORMA
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/6/6
 
Rights ##submission.copyrightStatement##