Record Details

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SMK NEGERI I BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SMK NEGERI I BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO
 
Creator Azizah, Siti Nur
 
Subject
Tutor Sebaya, prestasi siswa
 
Description Proses belajar mengajar harus mampu menciptakan suasana kondusif yang membebaskan siswa dari segala perasaan takut, malu, terpaksa, dan berbagai hal yang dapat menghambat tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik tutor sebaya. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia (SI) materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas meningkat setiap siklus, yaitu: siklus I 69,12 (44,12%), siklus II 78,53 (85,29%). Sehingga penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran SI materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Kata Kunci: Tutor Sebaya, prestasi siswa
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/247
10.30736/rf.v9i1.247
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 12-21
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 9, No 1 (2020); 12-21
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v9i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/247/212
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0