PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
|
|
Creator |
Masruroh, Masruroh
|
|
Subject |
—
peer teaching, hasil belajar |
|
Description |
Peer teaching merupakan suatu metode yang memanfaatkan interaksi sosial antar teman sebaya untuk saling berbagi pengetahuan. Metode peer teaching ini secara luas sudah digunakan dalam pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode peer teaching dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Data diambil dari 31 mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil matakuliah Manajemen Sains. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian hasil belajar yang berisi soal cerita materi program linear. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas metode peer teaching untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 2,78 dan ttabel untuk n = 31 dan α = 0,05 sebesar 1,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode peer teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Kata Kunci: peer teaching, hasil belajar |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-07-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/200
10.30736/rf.v7i1.200 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 37-40
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 37-40 2621-4172 2503-1228 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/200/167
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|