Record Details

PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
 
Creator Masruroh, Masruroh
 
Subject
peer teaching, hasil belajar
 
Description Peer teaching merupakan suatu metode yang memanfaatkan interaksi sosial antar teman sebaya untuk saling berbagi pengetahuan. Metode peer teaching ini secara luas sudah digunakan dalam pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode peer teaching dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Data diambil dari 31 mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil matakuliah Manajemen Sains. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian hasil belajar yang berisi soal cerita materi program linear. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas metode peer teaching untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 2,78 dan ttabel untuk n = 31 dan α = 0,05 sebesar 1,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode peer teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi program linear.

Kata Kunci: peer teaching, hasil belajar
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-07-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/200
10.30736/rf.v7i1.200
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 37-40
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma; 37-40
2621-4172
2503-1228
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/200/167
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0