Record Details

Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA
 
Creator Septiyani, Nanda Oski
Alyani, Fitri
 
Subject Pendidikan Matematika
Konsep Diri, Model Rasch, Kemampuan Pemahaman Matematis
Konsep diri, kemampuan pemahaman matematis
 
Description Penelitian dengan metode kuantitatif dengan teknik korelasi ini bertujuan untuk menganalisis konsep diri terhadap kemampuan pemahaman  matematika siswa SMA. Sampel yang dikumpulkan adalah 154 tanggapan dari siswa SMA di Jakarta yang duduk di kelas XI IPA dan IPS. Data yang digunakan dalam bentuk angket konsep diri dan tes kemampuan pemahaman matematika. Data yang diambil diolah dengan aplikasi Winsteps dan SPSS versi 24.0 dari model Rasch untuk analisis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis data dari soal tes dapat diterima, tetapi respon siswa sangat lemah. Sebesar 0.6% konsep diri dari  pemahaman matematis siswa SMA tidak berhubungan, dan 99.4% dipengaruhi oleh variabel selain konsep diri dan kemampuan pemahaman matematis.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
Kuantitatif method
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/413
10.30736/voj.v3i2.413
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 133-144
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 133-144
2656-5846
2656-2286
10.30736/voj.v3i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/413/319
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0