Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA
|
|
Creator |
Septiyani, Nanda Oski
Alyani, Fitri |
|
Subject |
Pendidikan Matematika
Konsep Diri, Model Rasch, Kemampuan Pemahaman Matematis Konsep diri, kemampuan pemahaman matematis |
|
Description |
Penelitian dengan metode kuantitatif dengan teknik korelasi ini bertujuan untuk menganalisis konsep diri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMA. Sampel yang dikumpulkan adalah 154 tanggapan dari siswa SMA di Jakarta yang duduk di kelas XI IPA dan IPS. Data yang digunakan dalam bentuk angket konsep diri dan tes kemampuan pemahaman matematika. Data yang diambil diolah dengan aplikasi Winsteps dan SPSS versi 24.0 dari model Rasch untuk analisis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis data dari soal tes dapat diterima, tetapi respon siswa sangat lemah. Sebesar 0.6% konsep diri dari pemahaman matematis siswa SMA tidak berhubungan, dan 99.4% dipengaruhi oleh variabel selain konsep diri dan kemampuan pemahaman matematis.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review Kuantitatif method |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/413
10.30736/voj.v3i2.413 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 133-144
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 133-144 2656-5846 2656-2286 10.30736/voj.v3i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/413/319
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|