Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo
|
|
Creator |
Kristanti, Dian
|
|
Subject |
Pendidikan Matematika
Kesalahan Siswa; Masalah Matematika; Aljabar; Scaffolding |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika serta mendeskripsikan upaya pemberian scaffolding untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dua fase, atau yang lebih dikenal dengan Explanatory Design dengan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar validasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kabupaten Aceh Barat pada semester ganjil 2018. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada aspek soal cerita mempunyai persentase kesalahan terbesar (81%), diikuti oleh bentuk aljabar (72%), variabel (70%), dan persamaan (45%). Setelah pemberian scaffolding, keenam siswa tersebut menjadi paham letak kesalahannya dan mampu menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dengan tepat.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/193
10.30736/vj.v2i1.193 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 54-65
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 54-65 2656-5846 2656-2286 10.30736/vj.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/193/183
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|