Record Details

Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo
 
Creator Kristanti, Dian
 
Subject Pendidikan Matematika
Kesalahan Siswa; Masalah Matematika; Aljabar; Scaffolding
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika serta mendeskripsikan upaya pemberian scaffolding untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dua fase, atau yang lebih dikenal dengan Explanatory Design dengan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar validasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kabupaten Aceh Barat pada semester ganjil 2018. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada aspek soal cerita mempunyai persentase kesalahan terbesar (81%), diikuti oleh bentuk aljabar (72%), variabel (70%), dan persamaan (45%). Setelah pemberian scaffolding, keenam siswa tersebut menjadi paham letak kesalahannya dan mampu menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dengan tepat.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/193
10.30736/vj.v2i1.193
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 54-65
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 54-65
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/193/183
 
Rights ##submission.copyrightStatement##