Record Details

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SDN SUMBERAGUNG 03 KECAMATAN PLUMPANG TUBAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SDN SUMBERAGUNG 03 KECAMATAN PLUMPANG TUBAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Creator Juma’iyah, Siti
 
Subject result study
plant breeding
skills learning process
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pendekatan pembelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan melalui pembelajaran keterampilan proses bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 12 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 5 siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualaitatif dengan menggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan Hasil penelitian ini adalah: (1) dengan penerapan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 68,33 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,67. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 8,34 poin. Sedangkan mengenai ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 25%, dan pada siklus II mencapai 92%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 67%
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2017-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/92
10.33086/ehdj.v3i1.92
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/92/71
 
Rights Copyright (c) 2017 Siti Juma’iyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0