MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SDN SUMBERAGUNG 03 KECAMATAN PLUMPANG TUBAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SDN SUMBERAGUNG 03 KECAMATAN PLUMPANG TUBAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016
|
|
Creator |
Juma’iyah, Siti
|
|
Subject |
result study
plant breeding skills learning process |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pendekatan pembelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan melalui pembelajaran keterampilan proses bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 12 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 5 siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualaitatif dengan menggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan Hasil penelitian ini adalah: (1) dengan penerapan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 68,33 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,67. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 8,34 poin. Sedangkan mengenai ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 25%, dan pada siklus II mencapai 92%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 67%
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2017-02-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/92
10.33086/ehdj.v3i1.92 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/92/71
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Siti Juma’iyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|