Record Details

Kemampuan Bernalar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Soal Cerita Perbandingan Bilangan Bulat

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan Bernalar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Soal Cerita Perbandingan Bilangan Bulat
 
Creator Febriyanti, Rahma
 
Subject
Penalaran, Soal Cerita, Bilangan Bulat

 
Description Penalaran siswa merupakan aspek penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran siswa kelas V sekolah dasar pada soal cerita perbandingan bilangan bulat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan tes matematika dan tes penalaran, selanjutnya dipilih 2 siswa (1 laki-laki dan 1 perempuan) yang memiliki nilai setara sebagai subjek penelitian. Wawancara dilakukan berdasarkan tes penalaran soal cerita perbandingan bilangan bulat. Subjek perempuan memiliki kemampuan bernalar yang baik dengan menggunakan urutan bilangan. Sedangkan subjek laki-laki memiliki kemampuan bernalar yang cukup dengan menggunakan gambar dalam membandingkan bilangan bulat pada soal cerita. Hasil tersebut menyarankan sebaiknya guru melatih siswa untuk lebih mengeksplor penalarannya pada soal cerita.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/90
10.30736/vj.v1i1.90
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 28-35
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 28-35
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/90/88
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##