Record Details

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar
 
Creator Fitrianingrum, Fitrianingrum
Basir, Mochammad Abdul
 
Subject


 
Description Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/177
10.30736/vj.v2i1.177
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 1-11
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 1-11
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/177/178
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##