Record Details

Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika
 
Creator Susdarwono, Endro Tri
 
Subject
analysis of variance; experimental research; mathematical philosophy; Mathematics; Scheffe test

 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji beda pengajaran matematika dengan menggunakan pemahaman filsafat matematika terhadap nilai soal matematika yang tergolong kategori sulit. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Pengujian yang digunakan dengan memakai analisis varians sederhana dan uji scheffe. Hasil penelitian eksperimen ini mengungkapkan bahwa dengan analis varians ada beda yang signifikan antara mean-mean kelompok, yaitu kelompok 1 sebagai variabel control, kelompok 2 sebagai variabel eksperimen dengan lama setengah semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika dan kelompok 3 sebagai variabel eksperimen dengan lama satu semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika serta melalui uji scheffe disimpulkan bahwa kelompok eksperimen secara signifikan bepenampilan lebih baik dibandingkan kelompok control.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/240
10.30736/vj.v2i2.240
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 90-101
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 90-101
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/240/236
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/