Record Details

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok
 
Creator Sari, Ria Fibriana
Budayasa, I Ketut
Lukito, Agung
 
Subject


 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik.Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.   
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/191
10.30736/vj.v2i1.191
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 43-53
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 43-53
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/191/182
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##