Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping
|
|
Creator |
Munawaroh, Siti
Surahmat, Surahmat Fathani, Abdul Halim |
|
Subject |
Pendidikan, Matematika
Penalaran Matematis, Mind Mapping — |
|
Description |
Kemampuan penalaran matematis siswa dapat dikembangkan dan dinilai melalui mind mapping.Hal ini menjadi salah satu media yang dapat mencurahkan gagasan-gagasan dengan bebas dan kreatif. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis melalui media mind mapping pada materi bilangan. Subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni terdapat 5 kelompok peserta didik kelas VII-G SMP Shalahuddin Malang yang mampu mewakili karakteristik populasi yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data, yaitu berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bernalar yang mewakili tingkat kemampuan penalaran matematis memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memperlihatkan memenuhi setiap indikator kemampuan penalaran matematis.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/344
10.30736/voj.v3i1.344 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 63-76
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 63-76 2656-5846 2656-2286 10.30736/voj.v3i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/344/285
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|