Record Details

Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping
 
Creator Munawaroh, Siti
Surahmat, Surahmat
Fathani, Abdul Halim
 
Subject Pendidikan, Matematika
Penalaran Matematis, Mind Mapping

 
Description Kemampuan penalaran matematis siswa dapat dikembangkan dan dinilai melalui mind mapping.Hal ini menjadi salah satu media yang dapat mencurahkan gagasan-gagasan dengan bebas dan kreatif. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis melalui media mind mapping pada materi bilangan. Subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni terdapat 5 kelompok peserta didik kelas VII-G SMP Shalahuddin Malang yang mampu mewakili karakteristik populasi yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data, yaitu berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bernalar yang mewakili tingkat kemampuan penalaran matematis memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memperlihatkan memenuhi setiap indikator kemampuan penalaran matematis.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/344
10.30736/voj.v3i1.344
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 63-76
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 63-76
2656-5846
2656-2286
10.30736/voj.v3i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/344/285
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0