Record Details

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Puzzle dan Geogebra

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Puzzle dan Geogebra
 
Creator Asri, Dinna Cilvia
Rahman, Bobbi
Wijaya, Surya
 
Subject Pendidikan Matematika
Berpikir Kreatif; Gender; GeoGebra; Matematika; Puzzle

 
Description Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP belum optimal. Salah satu upayanya ialah dengan penggunaan media seperti puzzle dan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan puzzle dan GeoGebra serta ditinjau berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas VIII SMPN 1 Kota Tangerang. Pengumpulan data dengan soal pretest dan postest berbentuk uraian. Berdasarkan uji ANOVA dua jalur disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas puzzle dan GeoGebra. Apabila ditinjau berdasarkan gender, kemampuan berpikir kreatif siswa tidak terdapat perbedaan. Selain itu, faktor media dan gender tidak sama-sama memengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/223
10.30736/vj.v2i2.223
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 78-89
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 78-89
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/223/235
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/