Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual
|
|
Creator |
Erlina, Anggi Putri Novia
Widodo, Suryo Handayani, Aprilia Dwi |
|
Subject |
—
Pembelajaran, Kontekstual, Berpikir Kritis Sekolah Menengah Atas |
|
Description |
Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis, hasil yang diperoleh adalah implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk dalam upaya peningkatan critical ability siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review Pendekatan Kontekstual |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/403
10.30736/voj.v3i2.403 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 111-122
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 111-122 2656-5846 2656-2286 10.30736/voj.v3i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/403/323
|
|
Coverage |
Sekolah Menengah Atas
— — |
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|