Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
|
|
Creator |
Novitasari, Novitasari
Febriyanti, Rahma Wulandari, Ika Aprillia |
|
Subject |
—
Berpikir Kritis, Efektivitas, Etnomatematika, LKS, STEM — |
|
Description |
Penelitian lebih lanjut terkait LKS yang telah dikembangkan dilakukan dalam upaya melihat keefektifan LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang melibatkan siswa kelas IX sebagai subjek penelitian kelas kontrol maupun eksperimen ini merupakan penelitian quasi-experimental. Berdasarkan uji ANCOVA (Analysis of Covariance) dan regresi, penggunaan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM memiliki perbandingan hasil Critical Thinking Ability Test (CTAT) yang lebih tinggi daripada pembelajaran tanpa menggunakan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM. Sehingga, simpulan yang diperoleh adalah penggunaan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/521
10.30736/voj.v4i1.521 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 57-66
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 57-66 2656-5846 2656-2286 10.30736/voj.v4i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/521/370
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|