Record Details

Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
 
Creator Novitasari, Novitasari
Febriyanti, Rahma
Wulandari, Ika Aprillia
 
Subject
Berpikir Kritis, Efektivitas, Etnomatematika, LKS, STEM

 
Description Penelitian lebih lanjut terkait LKS yang telah dikembangkan dilakukan dalam upaya melihat keefektifan LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang melibatkan siswa kelas IX sebagai subjek penelitian kelas kontrol maupun eksperimen ini merupakan penelitian quasi-experimental. Berdasarkan uji ANCOVA (Analysis of Covariance) dan regresi, penggunaan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM memiliki perbandingan hasil Critical Thinking Ability Test (CTAT) yang lebih tinggi daripada pembelajaran tanpa menggunakan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM. Sehingga, simpulan yang diperoleh adalah penggunaan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2022-02-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/521
10.30736/voj.v4i1.521
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 57-66
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 57-66
2656-5846
2656-2286
10.30736/voj.v4i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/521/370
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0