Record Details

Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA
 
Creator Anjarsari, Elly
 
Subject
Kurikulum 2013, pembelajaran matematika, pendekatan saintifik

 
Description Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/88
10.30736/vj.v1i1.88
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 12-20
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 12-20
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v1i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/88/86
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##