Proses Transformasi Pengetahuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Proses Transformasi Pengetahuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah
|
|
Creator |
Nafi'an, Muhammad Ilman
|
|
Subject |
—
Transformasi Pengethuan, Pemecahan Masalah — |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses transformasi pengetahuan matematika siswa dalam pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkansubjek penelitian ini adalah siswa SMPIQuAl Bahjah Tulungagung, yang berjumlah 5 siswa dengan kriteria mampu berkomunikasi secara tulis maupun lisan, dan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu yaitu: tugas matematika dan pedoman wawancara. Data di analisis dan di reduksi kemudian di sajikan untuk ditarik kesimpulan.. Data dianalisis berdasarkan tahap proses transformasi pengetahuan yang meliputi sosialisasi, representasi, koneksi, justifikasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transformasi pengetahuan pada tahap sosialisasi meliputi mengungkapkan ide baik berupa pertanyaan, pernyataan, maupun menanggapi pendapat dari pada teman lain, tahap representasi meliputi menuliskan solusi masalah melalui kalimat secara tertulis, menggunakan rumus, gambar, atau tabel yang terkait dengan penyelesaian soal matematika dan menggunakan simbol matematika dalam penyelesaian soal, tahap koneksi meliputi siswa dapat menemukan hubungan antar konsep matematika yang terkait dengan soal, serta menemukan hubungan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, tahap justifikasi meliputi menyatakan jawaban benar disertai dengan alasan dengan menggunakan bahasa sendiri, dan memberikan alasan berdasarkan aturan atau definisi, tahap internalisasi meliputi menerapkan konsep pada situasi lain, dan menerapkan prosedur penyelesaian pada situasi lain.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/389
10.30736/voj.v3i2.389 |
|
Source |
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 99-110
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 99-110 2656-5846 2656-2286 10.30736/voj.v3i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/389/316
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|