Record Details

Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar
 
Creator Pratiwi, Vira
Nurketi, Nunuy
Putri, Faradiba Catur
 
Subject Matematika
Berpikir Aljabar, Local Wisdom, Motion Comic, Sekolah Dasar

 
Description Berpikir Aljabar merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. Kemampuan berpikir aljabar adalah keahlian dalam memecahkan permasalahan yang belum diketahui penyelesaian nya melalui pemisalan yang tepat dan cara yang ditemukan sendiri. Temuan penelitian terdahulu terdapat hambatan dalam berpikir aljabar, yakni epistemology obstacle, didactical obstacle, conceptual obstacle. Selain itu, minimnya kajian mengenai media pembelajaran yang digunakan untuk membiasakan siswa berpikir aljabar sejak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran motion comic berbasis literasi digital. Metode yang diguanakan adalah Research and Develovment (R&D) yang melibatkan 10 siswa sekolah dasar kelas IV. Media pembelajaran motion comic berbasis local wisdom memiliki muatan materi matematika yang kontennya disesuaikan dengan kearifan lokal.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/183
10.30736/vj.v2i1.183
 
Source Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 23-32
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika; 23-32
2656-5846
2656-2286
10.30736/vj.v2i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/183/180
 
Coverage


 
Rights ##submission.copyrightStatement##