Record Details

EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA BUSTANUDDIN DESA GALIS KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN

AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA BUSTANUDDIN DESA GALIS KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA BUSTANUDDIN DESA GALIS KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
 
Creator Fahrurrosi, Mustho
Yadi, Abd Khaliq
 
Description Taman pendidikan al-Qur’an Bustanuddin memang telah menggunakan metode iqro’ sejak lama, dalam pelaksanaannya kegiatan mengaji dan mengajar di TPA Bustanuddin ada dua permasalahan yang menjadi pokok penelitian yaitu (1) Bagaimana efektifitas penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis kabupaten Pamekasan. (2) Lalu apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Iqro’ di TPA Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. penggunaan metode ini dilakukan oleh pengurus untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an dari segi melafalkan khuruf hijaiyah dan sekaligus menghafal bentuk-bentuk huruf yang mudah sampai pada yang lumayan sulit. Dari hasil penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis kabupaten Pamekasan (2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh Asatidz ketika meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis Pamekasan. Dan diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangsih pemikiran dalam pengembangan ilmu pengetahuan mengenai pembelajaran al-Qur’an dengan menggunkan metode iqro’, khususnya dalam hal kompetensi Asatidz di lingkungan TPA Bustanuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang mana pengambilan data ini dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pembelajaran membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin Galis Pamekasan di temukan bahwa (1) Efektifitas Penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di laksanakan setelah sholat magrib berjamaah hingga waktu sholat isyak, hal ini dapat dikatakan efektif terlihat dari bagaimana santri dapat membaca dengan baik dan sesuai dengan qaidah hingga naik pada jlid 6 (akhir), (2) Dan juga dilihat dari adanya faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode iqro’ di TPA Bustanuddin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an seperti adanya fasilitas penyediaan buku panduan iqro’ dan fasilitas lainya seperti papan tulis hingga al-Qur’an. Kegiatan inti dalam penerapan dengan menggunakan metode iqro’ menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), selain itu juga bersifat individual, santri langsung berhadapan dengan ustadz/ustadzah dengan membawa buku panduan iqro’ sesuai jilidnya dan langsung membacanya. Selain itu santri juga dibekali dengan hafalan do’a-do’a pendek untuk keperluan sehari-hari, serta membentuk etika dan moral dari diri santri.
Taman pendidikan al-Qur’an Bustanuddin memang telah menggunakan metode iqro’ sejak lama, dalam pelaksanaannya kegiatan mengaji dan mengajar di TPA Bustanuddin ada dua permasalahan yang menjadi pokok penelitian yaitu (1) Bagaimana efektifitas penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis kabupaten Pamekasan. (2) Lalu apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Iqro’ di TPA Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. penggunaan metode ini dilakukan oleh pengurus untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an dari segi melafalkan khuruf hijaiyah dan sekaligus menghafal bentuk-bentuk huruf yang mudah sampai pada yang lumayan sulit. Dari hasil penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis kabupaten Pamekasan (2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh Asatidz ketika meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an di TPA Bustanuddin desa Galis kecamatan Galis Pamekasan. Dan diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangsih pemikiran dalam pengembangan ilmu pengetahuan mengenai pembelajaran al-Qur’an dengan menggunkan metode iqro’, khususnya dalam hal kompetensi Asatidz di lingkungan TPA Bustanuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang mana pengambilan data ini dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pembelajaran membaca al-Qur’an di TPA Bustanuddin Galis Pamekasan di temukan bahwa (1) Efektifitas Penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di laksanakan setelah sholat magrib berjamaah hingga waktu sholat isyak, hal ini dapat dikatakan efektif terlihat dari bagaimana santri dapat membaca dengan baik dan sesuai dengan qaidah hingga naik pada jlid 6 (akhir), (2) Dan juga dilihat dari adanya faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode iqro’ di TPA Bustanuddin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an seperti adanya fasilitas penyediaan buku panduan iqro’ dan fasilitas lainya seperti papan tulis hingga al-Qur’an. Kegiatan inti dalam penerapan dengan menggunakan metode iqro’ menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), selain itu juga bersifat individual, santri langsung berhadapan dengan ustadz/ustadzah dengan membawa buku panduan iqro’ sesuai jilidnya dan langsung membacanya. Selain itu santri juga dibekali dengan hafalan do’a-do’a pendek untuk keperluan sehari-hari, serta membentuk etika dan moral dari diri santri.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
 
Date 2022-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1341
 
Source AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2022): Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 61-74
AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2022): Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 61-74
2549-7642
2354-9424
10.31102/am.v7i01.2021
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1341/823
 
Rights Copyright (c) 2022 AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman