Record Details

PERAN KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDLU BERJAMA’AH SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN SITI NUR SA’ADAH DI DESA WONOMELATI KREMBUNG SIDOARJO

AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDLU BERJAMA’AH SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN SITI NUR SA’ADAH DI DESA WONOMELATI KREMBUNG SIDOARJO
 
Creator Aini, Afida Nur
Rijal, Syamsul
 
Description Penelitian ini berjudul Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Fardlu Berjama’ah Santri Putra Di Pondok Pesantren Siti Nur Sa’adah Di Desa Wonomelati Krembung Sidoarjo. Fokus penelitian ini yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah peran kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo? Sedangkan tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yanng dialami oleh kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif lapangan. Sedangkan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif intraktif yaitu merupakan penelitian yang mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiah.             Setelah peneliti mengkaji dan meneliti maka dapat disimpulkan peran kepemimpinan kyai sangat membawa nilai positif. Dengan hal ini hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra adalah baik, dalam artian peran kepemimpinan kyai untuk mendisiplinkan santri putra yaitu melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pengurus, memberikan bimbingan dan suri tauladan yang baik, memberikan  motivasi dan mendidik serta memberikan arahan, meskipun masih ada santri yang telat mengikuti sholat fardlu’ berjam’ah, hal itu berdampak pada kedisiplinan santri sehingga kurang maksimal, karena ada sebagian santri yang sulit untuk bangun pagi, keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran diri. Maka dengan adanya permasalahan tersebut memungkinkan santri sering terlambat mengikuti sholat fardlu’ berjama’ah. Faktor pendukungnya yaitu berfungsinya komando (perintah) pengasuh, nasehat orang tua, pengurus membagi tugas dengan cara menjadwalkan sholat berjama’ah, pemberian takziran (hukuman), dan adanya kerjasama dalam melatih santri untuk disiplin. Faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang kurang mendukung, kurangnya pengontrolan dan penjagaan keamanan, kurangnya kesadaran pada diri santri yang sulit diatur.
Penelitian ini berjudul Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Fardlu Berjama’ah Santri Putra Di Pondok Pesantren Siti Nur Sa’adah Di Desa Wonomelati Krembung Sidoarjo. Fokus penelitian ini yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah peran kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo? Sedangkan tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yanng dialami oleh kyai dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra di pondok pesantren siti nur sa’adah di desa wonomelati krembung sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif lapangan. Sedangkan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif intraktif yaitu merupakan penelitian yang mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiah. Setelah peneliti mengkaji dan meneliti maka dapat disimpulkan peran kepemimpinan kyai sangat membawa nilai positif. Dengan hal ini hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan sholat fardlu berjama’ah santri putra adalah baik, dalam artian peran kepemimpinan kyai untuk mendisiplinkan santri putra yaitu melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pengurus, memberikan bimbingan dan suri tauladan yang baik, memberikan  motivasi dan mendidik serta memberikan arahan, meskipun masih ada santri yang telat mengikuti sholat fardlu’ berjam’ah, hal itu berdampak pada kedisiplinan santri sehingga kurang maksimal, karena ada sebagian santri yang sulit untuk bangun pagi, keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran diri. Maka dengan adanya permasalahan tersebut memungkinkan santri sering terlambat mengikuti sholat fardlu’ berjama’ah. Faktor pendukungnya yaitu berfungsinya komando (perintah) pengasuh, nasehat orang tua, pengurus membagi tugas dengan cara menjadwalkan sholat berjama’ah, pemberian takziran (hukuman), dan adanya kerjasama dalam melatih santri untuk disiplin. Faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang kurang mendukung, kurangnya pengontrolan dan penjagaan keamanan, kurangnya kesadaran pada diri santri yang sulit diatur.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
 
Date 2022-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1339
 
Source AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2022): Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 1-12
AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2022): Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 1-12
2549-7642
2354-9424
10.31102/am.v7i01.2021
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1339/824
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1339/825
 
Rights Copyright (c) 2022 AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman