Pendidikan Islam STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Islam STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION
|
|
Creator |
kulsum, ummu
|
|
Description |
Strategy is a step to prepare a program or concept so that what has been planned works well in accordance with the desired goals. Likewise, in the learning strategy in managing the classroom, several approaches are needed, including the behavior modification approach, the emotional social climate approach, the group process approach and the eclectic approach. Some of these approaches need to be adapted to the desired subjects, for example Islamic religious education subjects, so a learning strategy is needed using an approach from one of the several approaches. To maximize the achievement of the final results of the learning process in the classroom, use outcome based education (OBE), because the ultimate goal of this OBE is that students are guided to have competencies and skills in accordance with the cognitive, affective and psychomotor domains in classroom learning.
Strategi merupakan langkah untuk menyiapkan suatu program atau konsep agar apa yang sudah direncanakan berhasil dengan baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Demikian halnya dalam strategi pembelajaran dalam mengelola kelas dibutuhkan beberapa pendekatan antara lalin, pendekatan modifikasi perilaku, pendekatan iklim sosial emosional, eendekatan proses kelompok dan pendekatan eklektik. Beberapa pendekatan tersebut perlu disesuaikan dengan mata pelajaran yang diingikan, contoh mata pelajaran pendidikan agama Islam, maka diperlukan strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dari salah satu dari beberapa pendekatan itu. Untk lebih maksimalnya capaian hasil akhir dari proses pembelajaran di kelas maka menggunakan outcome based educatin (OBE), karena tujuan akhir dari OBE ini siswa dituntun meniliki kompetensi dan skill sesuai dengan ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor dalam pembelajaran di kelas. |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1117
10.31102/ahsanamedia.7.02.2021.46-54 |
|
Source |
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 02 (2021): AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 46-54
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 02 (2021): AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 46-54 2549-7642 2354-9424 10.31102/am.v7i02.2021 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1117/722
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
|
|