Pendidikan IMPLEMENTASI MORAL TRIANGLE LICKONA DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG BAIK DAN KARAKTER AKHLAK KENABIAN MUHAMMAD SAW BAGI SISWA
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan IMPLEMENTASI MORAL TRIANGLE LICKONA DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG BAIK DAN KARAKTER AKHLAK KENABIAN MUHAMMAD SAW BAGI SISWA
IMPLEMENTASI MORAL TRIANGLE LICKONA DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG BAIK DAN KARAKTER AKHLAK KENABIAN MUHAMMAD SAW BAGI SISWA |
|
Creator |
Soheh, Moh.
Kulsum, Ummu |
|
Description |
Thomas Lickona, has a moral triangle in shaping good character, including moral knowledge, moral feelings and moral actions. The moral triangle is interconnected with one another, so that in its implementation it is able to shape the character of students better, if guidance is carried out continuously by the teacher. Besides that, the dynamics of the prophetic nature of Muhammad SAW, are able to be role models for students. Because by having 4 moral characters possessed by Rasulullah, As-Siddiq, Al-Amanah, At-Tabligh and Al-Fatanah, students can have good morals. The combination of the two can shape students into modest and responsible individuals and are increasingly aware of their role as students in facing their future. This can be realized if teachers and parents support each other and monitor everything students do either at school or at home. What is more important than this, students with self-awareness want to make changes in themselves by imitating the person of the Prophet Muhammad as a role model for the ummah.
Thomas Lickona, memiliki triangle moral dalam membentuk karakter yang baik, diantaranya, pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral. Triangle moral tersebut saling berhubungan satu sama lain, sehingga dalam implementasinya mampu membentuk karakter siswa lebih baik, apabila dilakukan bimbingan secara berkelanjutan oleh guru. Disamping itu, dinamika dari sifat kenabian Muhammad SAW, mampu menjadi suri tauladan kepada Siswa. Karena dengan memiliki 4 karakter akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah, As-Shiddiq, Al-Amanah, At-Tabligh dan Al-Fatanah, siswa dapat memiliki akhlak yang baik. Perpaduan keduanya dapat membentuk siswa menjadi pribadi yang bersahaja dan bertanggungjawab dan semakin menyadari tentang peran dirinya sebagai siswa dalam menghadapi masa depannya. Hal ini bisa terealisasi apabila guru dan orang tua saling mendukung dan memantau setiap yang dilakukan oleh siswa baik di sekolah atau di rumah. Yang lebih penting dari ini, siswa dengan kesadaran diri mau melakukan perubahan dalam dirinya dengan mencontoh pribadi Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan umat. |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1043
10.31102/ahsanamedia.7.02.2021.21-29 |
|
Source |
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 02 (2021): AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 21-29
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 02 (2021): AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 21-29 2549-7642 2354-9424 10.31102/am.v7i02.2021 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1043/719
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
|
|