Record Details

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA ANAK USIA GOLDEN AGE

AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA ANAK USIA GOLDEN AGE
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA ANAK USIA GOLDEN AGE
 
Creator Suwantoro, Mohammad Farah Ubaidillah, Misnawi,
 
Description Anak adalah rezeki yang sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap orang tua. Selain itu, anak juga merupakan Amanah dari Allah yang harus dirawat dan dijaga tumbuh kembangnya. Untuk itu setiap orang tua akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat. Kesiapan orang tua dalam mengasuh anak akan menjadi modal kuat dalam menyiapkan generasi sholih dan sholihah. Tulisan ini adalah penelitian pustaka yang bermanfaat sebagai acuan bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan dalam mengasuh anak-anak mereka. Di dalamnya akan dibahas tentang praktek Rasulullah dalam mendidik dan berinteraksi dengan anak-anak pada usia golden age. Usia ini merupakan periode anak mampu  menerima semua informasi yang ia dapatkan secara cepat dan merekamnya di otak secara kuat. Oleh karena itu,  apabila pendidikan yang berkualitas diberikan pada anak di usia tersebut, maka pada masa yang akan datang akan lahir generasi unggul yang sholih dan sholihah yang dicita-citakan sebagai generasi emas.  
Anak adalah rezeki yang sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap orang tua. Selain itu, anak juga merupakan Amanah dari Allah yang harus dirawat dan dijaga tumbuh kembangnya. Untuk itu setiap orang tua akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat. Kesiapan orang tua dalam mengasuh anak akan menjadi modal kuat dalam menyiapkan generasi sholih dan sholihah. Tulisan ini adalah penelitian pustaka yang bermanfaat sebagai acuan bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan dalam mengasuh anak-anak mereka. Di dalamnya akan dibahas tentang praktek Rasulullah dalam mendidik dan berinteraksi dengan anak-anak pada usia golden age. Usia ini merupakan periode anak mampu menerima semua informasi yang ia dapatkan secara cepat dan merekamnya di otak secara kuat. Oleh karena itu, apabila pendidikan yang berkualitas diberikan pada anak di usia tersebut, maka pada masa yang akan datang akan lahir generasi unggul yang sholih dan sholihah yang dicita-citakan sebagai generasi emas.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
 
Date 2021-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1025
10.31102/am..7.1.2021.1-10
 
Source AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 1-10
AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 1-10
2549-7642
2354-9424
10.31102/am.v7i1.2021
 
Language ind
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1025/678
 
Rights Copyright (c) 2021 AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman