EMOTIONAL QUOTION (EQ) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EMOTIONAL QUOTION (EQ) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
|
|
Creator |
Hair, Moh Afiful
|
|
Description |
EQ dewasa ini menjadi faktor yang menentukan dalam menunjang keberhasilan seseorang. Intelegence Quotion (IQ) tidak lagi dianggap sebagai satu- satunya parameter kecerdasan dan kesuksesan. Konsep-konsep EQ banyak bermunculan di tengah khazanah keilmuan, tetapi konsep-konsep tersebut lebih banyak di dominasi oleh para pemikir barat, seperti Daniel Goleman, Peter dan Jack Mayer dan lain-lain.Tetapi konsep yang muncul dari pemikir-pemikir Islam masih jarang,terutama yang bersumber dari hasil kajian Al-Qur’an. Tulisan ini berusaha menemukan konsep EQ dengan meneliti ayat-ayat Al-Qur’an Menggunakan pendekatan kebahasan (sematic) dengan cara menelusuri munasabat (keterkaitan) ayat satu dengan yang lain. Penulis memulai dengan kata An-Nafs, sebagaimana ayat, kemudian dikorelasikan dengan kata lain yang serumpun yang mempunyai munasabat, yaitu kata: al-Lubb, al-hilm, al-hijr, an-nuhyah, ash-shu’ur, ar-ruh, al-‘aql, danal-qalb.
|
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2020-07-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/895
10.31102/ahsana..6.2.2020.31-40 |
|
Source |
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 31-40
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 31-40 2549-7642 2354-9424 10.31102/ahsana.v6i2.2020 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/895/590
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 AHSANA MEDIA
|
|