PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIVE WHITEBOARD (IWB) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVAASI BELAJAR PESERTA DIDIK ( Study Kasus Di MTs Al-Amin Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan)
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIVE WHITEBOARD (IWB) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVAASI BELAJAR PESERTA DIDIK ( Study Kasus Di MTs Al-Amin Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan)
|
|
Creator |
rijal, samsul
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Interaktive Whiteboard (IWB) Untuk Meningkatkan Motivaasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Amin Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 90 peserta didik. Parameter penelitian yang diukur adalah tingkat pengaruh dan sebab akibat antara variabel independen (X) yang berupa Media Pembelajaran Interactive Whiteboard dengan variabel dependen (Y) yaitu peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif Koefisien korelasi dengan Korelasi Product-moment dan bantuan program SPSS 24.0 For windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Interaktive Whiteboard (IWB) dengan Motivasi Belajar Peserta Didik yaitu bahwa “r” kerja 0,792. jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment, maka nilai “r” kerja tersebut berada di antara 0,600-0,799 dengan interpretasi kuat. Hasil ini dapat ditunjukkan bahwa kelas Eksperimen memiliki pencapaian peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik yang secara signifikan lebih tinggi dari kelas kontrol.
|
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2020-02-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/795
10.31102/ahsana..6.1.2020.71-80 |
|
Source |
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 71-80
AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman; 71-80 2549-7642 2354-9424 10.31102/ahsana.v6i1.2020 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/795/540
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 AHSANA MEDIA
|
|